Cara Menghilangkan Kantung Mata

Mata akan kelihatan bengkak kalau kita kurang tidur, alergi kosmetik atau habis menangis. Kebetulan karena semalam saya habis nangis *curcol, saya browsing ke google bagaimana cara menghilangkan kantung mata. Kan malu kalo matanya kelihatan bengkak, pasti orang langsung bertanya 'kamu habis nangis, ya?' rasanya gimana... gitu. Nah, kalo gitu langsung saja saya bagi tips yang udah saya dapat untuk kalian. Ini dia...

-Es Batu-
Cara paling klasik, dan paling banyak digunakan oleh banyak wanita yang mengalami mata bengkak, yakni mengompres dengan es batu. Namun ternyata, untuk mempercepat proses mengobati mata bengkak, cukup dengan membasuhkan air dingin kewajah ketika mandi. Atau memasukkan sendok pada kulkas dan ketika dirasa sudah dingin usapkan atau tempelkan pada bagian mata yang bengkak.


-Gunakan Gel Pendingin-
Kantung mata yang bengkak dapat dikempiskan dengan memakai gel pendingin mata. Gel tersebut diformulasikan untuk menyegarkan mata sekaligus mengurangi bengkak di mata. Gel ini dapat berupa gel cair yang dioles atau roll on. Gel pendingin mata yang efektif biasanya terbuat dari bahan alam, misalnya teh hijau.

-Kentang-
Kentang adalah bahan alami yang mengandung catecholase yang dapat mengempeskan kantung mata *vemale.com. Selama ratusan tahun, masyarakat eropa mempercayai khasiat kentang sebagai penawar sakit kepala, nyeri, dan berbagai masalah kesehatan. Untuk mengatasi mata bengkak dengan kentang, kupas kentang terlebih dahulu, bersihkan, biarkan kering dan parut. Ambil parutan kentang dan bungkuskan pada kain, lalu kompreskan pada mata. Atau letakkan parutan kentang di atas kapas tempelkan masing-masing di kantung mata. Diamkan selama 15  - 20 menit, angkat, bilas dengan air dingin.

-Teh Celup-
Gunakan 2 teh celup, dan seduh dengan air panas, lalu angkat dan diamkan sebentar hingga hangat. Setelah itu kompreskan pada mata yang bengkak, tutup dengan kain selama 5-10 menit. Untuk jenis teh celup, Anda bisa menggunakan teh hijau atau teh hitam. Kenapa menggunakan teh? Karena terdapat kandungan kafein yang membantu mengurangi bengkak atau sebagai vasoconstrictor.

-Mentimun-
Mentimun tidak hanya baik bagi kesehatan, tapi juga dapat bermanfaat untuk mengatasi mata bengkak, karena kandungan astringent yang ada di dalamnya membantu untuk menghilangkan bengkak. Agar lebih efektif, taruh potongan (sesuai yang dibutuhkan) mentimun ke lemari es, kompreskan pada mata selama kurang lebih 10 menit.

-Garam-
Ketika mata Anda bengkak, makan makanan yang mengandung garam tinggi justru akan memburuk keadaan. Namun yang perlu Anda ketahui, garam ternyata dapat digunakan untuk mengatasi mata bengkak. Ambil setengah sendok teh garam, dan tambahkan ¼ liter air. Celupkan cutton atau kapas pada larutan garam, dan kompreskan pada mata.

-Kompres Dengan Susu-
Susu segar tidak hanya lezat diminum, dapat juga digunakan untuk mengempiskan kantung mata. Rendam du buah kapas ke dalam susu sapi segar yang sudah didinginkan. Kompres bagian kantung mata selama 10 - 15 menit. Angkat kapas, bilas bagian mata dengan air dingin.

-Tidur dan Istirahat-
Beberapa masalah kantung mata yang bengkak disebabkan saat seseorang kekurangan waktu tidur dan beristirahat. Maka cara untuk menghilangkannya adalah dengan tidur. Kalian bisa mengmbil waktu 15 - 20 menit di siang hari untuk tidur. Waktu yang singkat tersebut sudah cukup untuk mengatasi lelah dan mengurangi mata yang bengkak. (Kalo aku pakai cara ini pasti bablas deh, tidur 1 jam :p)

-Minum Air Putih-
Meskipun cara ini tidak secara cepat mengatasi mata bengkak, namun dengan banyak minum putih akan membantu mempercepat proses pemulihan.

-Operasi Eye Lift-
Beberapa masalah kantung mata yang bengkak tidak dapat dihilangkan dengan cara biasa. Kantung mata tersebut akan semakin turun bahkan bengkak sejalan bertambahnya umur. Operasi Eye Lift dapat menjadi salah satu cara efektif untuk menghilangkan kantung mata yang mengganggu.

Dari semua cara diatas kurasa es batu adalah penanganan yang paling cepat dan simple untuk dilakukan. Dan setelah saya mencobanya hasilnya lumayan, ya, walaupun kantung matanya nggak benar-benar hilang. Tapi cukuplah untuk mengurangi bengkak di kantung mata.

Tips ini aku ambil dari vemale.com dan tipswanita.net. Semoga bermanfaat ^^

2 komentar:

  1. wah mata hitem atau panda itu cuma bisa di ilangin kalau tidur cukup 8 jam dijamin makin cantiknya :)

    BalasHapus
  2. Cara yang sangat mudah dan simple namun tetep ampuh untuk mengatasi kantung mata..

    BalasHapus

Copyright © 2014 Niedlicious. Template by Templateism. Edited by Nida Mufida.